Blog Seputar Perbincangan Hangat
Bisnis  

Apa Itu Backlink dan Tips Memilih Jasa Backlink Berkualitas

 

Backlink adalah salah satu komponen penting dalam dunia per-SEO an, selain juga konten artikel dan beberapa komponen lainnya.

Semakin banyak dan berkualitas backlink yang dimiliki sebuah website, maka semakin bagus juga posisi web tersebut di mata search engine.

Lalu, apa sih sebetulnya backlink itu dan bagaimana membangun sebuah backlink yang baik. Berikut penjelasannya.

 

Apa Itu Backlink?

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mencari jasa backlink berkualitas, kita harus paham terlebih dahulu definisi dari backlink itu sendiri.

Secara sederhana, backlink adalah sebuah tautan yang mengarah dari sebuah website ke website lain atau artikel lain di website miliknya dengan tujuan untuk mengarahkan pembaca pada referensi tulisan lain.

Setiap tautan yang terhubung akan dihitung sebagai backlink oleh mesin pencari dan akan mempengaruhi website di posisi pencarian.

 

Bagaimana Cara Membuat Backlink?

Sebetulnya backlink adalah sebuah tautan yang seharusnya bersifat natural. Namun, terkadang beberapa orang memanipulasi hal tersebut agar seolah olah itu adalah link natural.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat backlink, seperti misalnya membuat konten berkualitas agar orang lain menanamkan backlinknya pada website kita. Atau anda dapat membuat backlink sendiri melalui website-website tertentu seperti misalnya web 2.0, forum, pbn dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Backlink

1. Backlink Profile

Dalam sebuah website forum dan sejenisnya, biasanya akan ada halaman profil yang akan memuat biodata pribadi dan juga hal hal lainnya.

Di halaman profil tersebut akan ada kolom berupa nama website, nah kita bisa menuliskan nama website yang anda miliki di kolom tersebut. Itu akan dihitung sebagai backlink dengan jenis backlink profile.

Ada banyak sekali website yang bisa digunakan untuk membuat backlink profile, diantaranya adalah about.me, kicker.com dan lain sebagainya.

2. Web 2.0

Web 2.0 adalah sebuah website yang bisa dipasang untuk membuat backlink kontekstual, di web 2.0 biasanya seseorang akan menuliskan artikel sebanyak beberapa ratus kata kemudian menyisipkan link di artikel tersebut.

Beberapa contoh web yang termasuk kedalam web 2.0 diantaranya adalah kaskus, kompasiana, bersosial, medium dan lain sebagainya.

3. PBN

PBN adalah kependekan dari Private Blog Network, cara kerjanya hampir sama seperti web 2.0. Dalam sistem PBN seseorang akan mengelola beberapa web untuk dijadikan tempat membuat backlink.

4. Backlink Media Nasional

Backlink yang dianggap memiliki power paling kuat adalah backlink mengguankan media nasional seperti misalnya detik, tribun, kompas dan lain sebagainya.

Namun, untuk mendapatkan backlink jenis ini cukup sulit, biasanya seseorang akan membayar untuk mendapatkan backlink jenis media nasional. Dan harganya tentu saja tidak murah.

Tips Memilih Jasa Backlink

Banyak orang yang malas atau mendelegasikan tugasnya dalam hal backlink pada orang orang yang membuka jasa backlink. Jika anda ingin menggunakan jasa tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Diantaranya adalah anda harus tahu backlink jenis apa yang mereka sediakan. Selain itu, sebaiknya anda meminta sampel beberapa website yang akan mereka gunakan untuk melakukan backlink.

Dengan seperti itu, anda mempunyai bayangan tentang website seperti apa yang nantinya akan ditanamkan ke website anda. Namun, untuk melakukan ini dibutuhkan keahlian dari anda menganalisa website melalui berbagai tools SEO, seperti misalnya SemRush ataupun Ahrefs.

So, itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan dunia backlink. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.