Indonesia Inisiasi Forum Ekonomi Kreatif ASEAN

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate mengatakan bahwa Indonesia berinisiatif menyelenggarakan ASEAN Creative Economy Business Forum dengan tema “Enhancing Digital Creative Economy: A Step Towards Regional Economic Recovery”, yang akan diselenggarakan pada November 2021. Hal itu disampaikan Plate dalam The 15th Conference of the ASEAN Ministers Responsible for Information atau AMRI. Menkominfo berharap forum tersebut dapat mempercepat implementasi ASEAN Comprehensive Recovery Framework yang akan berkontribusi pada proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid 19.

Melihat kemajuan teknologi digital sekarang ini, maka menurutnya transformasi digital menjadi satu di antara solusi yang dipilih para pelaku ekonomi kreatif untuk mengatasi tantangan yang ada. Namun, transformasi digital hanya dapat dicapai secara efektif jika kita dapat mengatasi literasi digital Dalam forum tersebut juga Plate mengatakan di bawah platform AMRI, ASEAN telah berjanji memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memajukan kerja sama di kawasan.

Lebih penting lagi, Pertemuan tersebut menekankan pada penggunaan komunikasi publik yang tepat untuk mempromosikan identitas dan komunitas kawasan yang lebih luas, sebuah perasaan yang dipandu oleh dukungan panjang ASEAN terhadap multilateralisme, saling menghormati, kedaulatan, kesetaraan, dan yang terpenting, demokrasi. "Nilai bersama demokrasi tidak berdiri sendiri. Demokrasi dibangun di atas pelaksanaan hak hak dasar individu, kebebasan berekspresi dan kebebasan berbicara. Dengan melindungi sekaligus menjamin pelaksanaan hak hak tersebut, maka pelaksanaan demokrasi akan meningkat, karena ASEAN berada di titik tanpa harapan. Kami tidak punya pilihan selain selalu meningkatkan kualitas demokrasi ASEAN," pungkasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *