Investasi Ethereum, Apakah Itu?

Jenis investasi ethereum, baru-baru ini mulai menjadi trend baru setelah Bitcoin. Layaknya Bitcoin, Eth ini juga bisa dijadikan sebagai alat transaksi digital. Namun ada perbedaan antara Blockchain pada Bitcoin dan juga Eth.

Jika Bitcoin developernya terpusat. Maka Eth membebaskan para developer untuk membuat aplikasi pada Blockchain Ethereum. Jadi meski usianya lebih muda dibanding dengan Bitcoin, namun daya minat investasi Eth ini tidak kalah tinggi dibanding seniornya yaitu BTC.

Sebelumnya memang pendiri Eth ini adalah karyawan dari Bitcoin mining. Namun ia keluar dan mendirikan mining sendiri dengan nama Eth dengan dibantu para investor. Kini ia mampu bersaing dengan seniornya hingga sekarang.

Perbedaan Ethereum Dengan Bitcoin

Kedua investasi tersebut meski harus ada proses mining, namun ternyata memiliki perbedaan. Lantas apa yang membedakan Ethereum dengan Bitcoin ini? Berikut adalah ulasannya.

Ethereum Memiliki Pemrograman Yang Fleksibe

Memang benar adanya bahwa Bitcoin adalah generasi yang pertama kali dengan keutamaan transfer aset secara digital. Kareena keutamaan keamanan tersebutlah maka bahasa pemrograman yang digunakan juga rumit termasuk aplikasinya.

Berbeda dengan Eth, ia memiliki teknologi yang bernama “smart contact”. Jadi bukan hanya kemudahan transfer digital, namun bahasa pemrograman Eth ini lebih fleksibel. Bukan itu saja pihak Eth juga memberi kebebasan dalam membuat apliaksasi di atas Blockchainnya.

Transaksi Bersifat Final

Transaksi maupun interaksi yang terjadi dalam Blockchain Eth ini nantinya sifatnya final. Penandatangannya dilakukan secara digital melalui kriptografi pada seluruh jaringan Ethereum. Kemudian akan diverifikasi miner sebelum kemudian dicatat pada Blockchain.

Cara Kerja Smart Contract

Program komputer yang ditulis pada blockchain Eth ini disebut smart contract. Jadi smart contract ini nanti akan bekerja sesuai perintah yang sudah dimasukkan ke dalam pemrograman tersebut. Misal untuk transaksi transfer token, pembayaran dan hal lainnya.  Otomatis pengguna lain juga bisa melakukannya dengan otomatis.

Jadi meskipun anggota lainnya membuat aplikasi apapun pada blockchain Eth, smart contract itu akan tetap ada di dalamnya.  Jadi tanpa harus menggunakan bank lainnya, dalam blockchain Eth sudah bisa dilakukan semua transaksi tersebut.

Untuk terjun dalam investasi Ethereum ini, anda bisa mempelajari terlebih dahulu pada link paragraph pertama tadi. Pilih investasi terbaik mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keuntungan masa depan. Jangan lupa juga untuk sharing pengetahuan dengan orang yang sebelumnya sudah investasi Eth agar semakin paham alurnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *