Blog Seputar Perbincangan Hangat
Bisnis  

Kenali Sistem Pembayaran Kasir Offline dan Online untuk Bisnis Anda

Memiliki usaha kecil yang tengah berkembang pesat menjadi salah satu tujuan bisnis Anda, bukan? Tidak ada yang instan dalam meraih kesuksesan sebab Anda perlu mengelola manajemen usaha secara optimal. Bagi UMKM yang tengah berkembang, sebaiknya Anda terus melakukan inovasi yang bisa meningkatkan kinerja usaha mulai pengelolaan data penjualan, manajemen keuangan lebih efisien, peningkatan kinerja karyawan, dan lain-lain. Gunakan aplikasi kasir pintar yang menawarkan keunggulan kasir offline saat tidak tersambung internet.

5 Jenis Sistem Pembayaran Bisnis UMKM Paling Populer di Indonesia

Bisnis tidak akan berkembang semakin maju bila Anda tidak bisa meningkatkan inovasi pelayanan di segala bidang. Sistem pembayaran transaksi elektronik menjadi primadona di era digital seperti sekarang, apalagi situasi pandemi yang membuat orang-orang enggan melakukan transaksi konvensional. Bila Anda ingin melakukan upgrade sistem pembayaran di UMKM, maka pastikan menerapkan beberapa jenis sistem pembayaran paling populer di Indonesia berikut :

1. Transaksi via bank

Bisnis Anda yang bergerak di bidang retail, kuliner atau layanan jasa lain, maka wajib memiliki sistem pembayaran via bank. Pembeli atau konsumen bisa membayar tagihan lewat transfer m-banking yang lebih praktis dan efisien dewasa ini. Selain itu, Anda juga harus mengetahui sistem pembayaran pakai Rekening Bersama yang ditetapkan di marketplace kekinian. Sistem pembayaran ini dianggap menguntungkan dua belah pihak baik pembeli dan penjual.

Bila Anda memakai kasir pintar yang terintegrasi dengan penjualan online di marketplace, e-commerce atau website, maka pastikan memiliki sistem pembayaran yang paling relevan sesuai kebutuhan konsumen.

2. Transaksi kartu debit dan kredit

Sistem pembayaran memakai kartu debit dan kartu kredit bukan hal yang aneh sebab rata-rata usaha telah memiliki merchant yang bekerja sama. Mesin ECD yang tersedia di kasir membuat para pelanggan bisa memilih hendak menyelesaikan pembayaran dengan cara apa saja.

3. Transaksi uang tunai

Meski dianggap jadul atau ketinggalan zaman, transaksi memakai uang tunai masih menjadi salah satu pilihan masyarakat. Anda harus tetap memiliki opsi pembayaran dengan transaksi uang tunai meskipun bisa memilih sistem pembayaran dengan DP atau cicilan lain. Tinggal cetak nota belanja sesuai dengan prosedur atau kebijakan transaksi jual beli, maka Anda bisa mengelola penjualan lebih optimal.

4.  Transaksi COD

Sistem pembayaran COD atau Cash on Delivery menjadi salah satu favorit masyarakat millenial. Anda wajib meningkatkan perkembangan usaha dengan memberikan opsi COD bila ingin bersaing dengan kompetitor yang menerapkan sistem delivery order, ya!

5.  Transaksi dompet digital

Transaksi dengan dompet digital yang digilai banyak kalangan muda, kenapa tidak? Ya, ada banyak penyedia jasa dompet digital di Indonesia yang menawarkan kemudahan membuka akun dan melakukan pembayaran dengan biaya admin terjangkau. Pastikan UMKM Anda menerima pembayaran transaksi memakai dompet digital agar bisa meningkatkan prospek penjualan dan menjangkau pasar lebih luas.

Tentu masih ada banyak sistem pembayaran transaksi di Indonesia, misalnya transaksi memakai cek, giro, kredit tanpa kartu, dan lain-lain. Meskipun demikian, beberapa jenis sistem pembayaran yang sudah disebutkan di atas paling populer untuk usaha kelas menengah ke bawah. Anda yang tengah mengembangkan UMKM berkembang lebih pesat, wajib memiliki sistem pembayaran yang sesuai kebutuhan masyarakat tersebut.

Pastikan saja Anda memiliki perangkat kasir pintar yang terhubung dengan PC, ponsel atau tablet untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan dari mana saja. Anda bisa mengecek penjualan pada pelanggan dari sistem-sistem pembayaran yang sudah terangkum secara detail dan rinci. Tinggal klik saja, semua informasi penjualan baik tunai atau kredit dengan sistem pembayaran apa saja langsung terevaluasi dengan jelas.

Yakin tidak ingin mencoba pengelolaan usaha lebih efisien dengan Olsera? Segera daftar sekarang untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan fitur menarik dari aplikasi kasir offline dan online Olsera. Anda yang masih ragu dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, segera hubungi Olsera untuk mendapatkan kesempatan trial gratis, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.