Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 119 120 121 122 123 124 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 6

Berikut kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 halaman 119 120 121 122 123 124 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Subtema 3 Pembelajaran 4. Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 edisi revisi 2018 mengusung judul Globalisasi, sementara Subtema 3 berjudul Globalisasi dan Cinta Tanah Air. Kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 SD halaman 119 120 121 122 123 124 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku. Kosakata nonbaku : Banyak lho Kosakata baku : Banyak

*** Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif. Kalimat tidak efektif :

Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Banyak lho, baju baju, sepatu sepatu, atau tas tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negera lain

Kalimat efektif: Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Banyak baju, sepatu, atau tas produksi dalam negeri dengan kualitas yang sama, bahkan lebih baik dari produksi luar negeri.

Kemajuan teknologi memotong biaya pengiriman produk ke negara lain. *** Tulislah kembali isi teks di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri.

Gunakan kata baku dan kalimat efektif. Jika diperhatikan, di antara barang barang di sekitar kita tentu ada yang diproduksi dari luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Namun, apakah ditemukan produk dalam negeri? Banyak produk produk Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri.

Kemajuan teknologi di era globalisasi mampu mengurangi biaya pengiriman barang antar negara. Dahulu, produk impor dikenai pajak yang tinggi oleh pemerintah untuk membatasi barang dari luar negeri masuk dan melindungi produk dalam negeri. Hal ini membuat produk impor mahal bagi masyarakat, kecuali bagi mereka yang mampu membelinya. Saat ini, perdagangan bebas telah membuat pajak tidak lagi tinggi. Sehingga produk dalam negeri harus bersaing dengan produk luar negeri. Jika produk luar negeri lebih diminati masyarakat, dapat merugikan para produsen dari manapun bahkan orang orang terdekat kita.

Masyarakat kita sendirilah yang harus menghargai kreativitas produk sendiri demi memelihara kelangsungan produksi dalam negeri. Maka dari itu, ketika suatu saat ketika kita berbelanja sesuatu, kita hendaknya memilih produk dalam negeri. ***

Bersama dengan kelompokmu, diskusikan pertanyaan berikut. 1. Mengapa kita harus cinta produk Indonesia? Karena kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri, untuk menghargai karya anak bangsa, dan untuk memajukan ekonomi Indonesia.

2. Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia? Membeli dan menggunakan produk buatan masyarakat Indonesia. 3. Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?

Dapat mengancam ekonomi Indonesia, dapat membunuh kreativitas anak bangsa, dan meningkatkan ekonomi negara lain. 4. Apa yang akan terjadi jika kita lebih banyak menggunakan produk Indonesia? Kondisi ekonomi Indonesia akan meningkat, membuat lapangan kerja semakin banyak, dan kreativitas anak bangsa dapat berkembang lebih jauh.

5. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negari? Memajukan usaha para pengrajin, meningkatkan ekonomi para pengrajin, dan membuat kreativitas para pengrajin semakin berkembang. 6. Apa dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia?

Membuat ekonomi Indonesia stabil bahkan meningkat, menurunkan angka kriminalitas, menurunkan angka kemiskinan, dan mendukung pembangunan Indonesia. 7. Bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah menggunakan produk Indonesia? Ceritakan pengalamanmu. Sudah. Sebagian besar dari barang barang saya di rumah adalah produk Indonesia.

Contohnya buku, tas, sepatu, bola, lemari, makanan, pakaian, sandal, karpet, dan masih banyak lagi. Saya juga menggunakan produk luar negeri seperti motor, televisi, handphone, dan beberapa barang yang lain yang belum bisa diproduksi di dalam negeri. ***

Keterangan: Bangun 3 adalah gabungan bangun 1 dan bangun 2. 1. Hitunglah luas permukaan bangun 1. = 6 x (r x r) L = 6 x (6 x 6) L = 6 x 36 L = 216 cm2

2. Hitunglah luas permukaan bangun 2. = 6 x (r x r) L = 6 x (6 x 6) L = 6 x 36 L = 216 cm2 3. Hitunglah luas permukaan bangun 3.

= 4 x (12 x 6) + 2 x (6 x 6) L = 4 x 72 + 2 x 36 L = 288 + 72 L = 360 cm2 4. Apa hubungan antara luas permukaan bangun 1, bangun 2, dan bangun 3. Luas bangun 1 dan 2 sama, sedangkan bangun 3 tidak sama.

5. Apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas permukaan bangun gabungan? Sisi bangun ruang yang meyentuh bangun lain dalam gabungan tersebut tidak bisa lagi disebut permukaan sehingga tidak termasuk bagian dari luas permukaan bangun gabungan. ***

Hitunglah luas permukaan bangun berikut. = 4 x (20 x 10) + 2 x (10 x 10) L = 4 x 200 + 2 x 100 L = 800 + 200 L = 1.000 cm2 ***

1. Nilai nilai apa yang kamu pelajari hari ini? 2. Apakah kamu sudah menggunakan produk dalam negeri? Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya mencintai produk dalam negeri. Sampaikan dampaknya bagi perekonomian bangsa. Buatlah rencana untuk selalu menggunakan produk dalam negeri.

Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas. Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggari, Angi St dkk. 2015. B uku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *