Pebalap Indonesia Andi Gilang Turun Kelas dari Moto2 ke Moto3 di MotoGP 2021

Pebalap Indonesia, Andi Farid Izdihar, mengamankan satu kursi pada MotoGP 2021 meski harus pindah ke kelas Moto3. Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang resmi akan tampil di kelas Moto3 pada musim 2021. Andi Gilang akan tetap berseragam Idemitsu Honda Team Asia, tim yang diperkuatnya pada kejuaraan dunia Moto2 2020.

Andi Gilang akan bahu membahu bersama pembalap asal Jepang, Yuki Kunii, di Idemitsu Honda Team Asia untuk kelas Moto3. Idemitsu Honda Team Asia menurunkan Andi Gilang ke kategori Moto3 demi memaksimalkan potensi sang pebalap. "Moto3 bukan kategori balap baru bagi Andi," kata Manajer Tim Idemistu Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama, dalam siaran pers.

"Dia berkembang dengan mengendarai motor kecil dan tampil sangat cepat seperti di Asia Talent Cup dan FIM CEV." "Kami percaya dia memiliki kemampuan bagus untuk membalap di Moto3 dan kembali tampil kompetitif," imbuhnya. Andi Gilang masih kesulitan bersaing di baris depan pada musim debutnya di kelas Moto2.

Hasil terbaik yang diraih oleh rider asal Bulukumba itu bersama Idemitsu Honda Team Asia adalah finis di urutan ke 18 dalam seri Moto2 Eropa (8/11/2020). Dalam seri balap itu juga, Andi Gilang meraih hasil terbaiknya pada sesi kualifikasi dengan menempati urutan ke 12. Pembalap berusia 23 tahun itu masih mempunyai satu kesempatan lagi untuk bisa mendulang angka pertamanya di kelas Moto2.

Andi Gilang akan kembali turun pada seri terakhir musim ini di Sirkuit Internasional Algarve dalam seri Moto2 Portugal 2020 akhir pekan ini (23/11/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *