Pemerintah Berharap Herd Imunity Dapat Cepat Tercapai Lewat Program Vaksin Covid-19 Gratis

Pemerintah berharap dengan digratiskannya vaksin Covid 19 target untuk mencapai herd imunity atau kekebalan kelompok dapat cepat tercapai. "Karena itu diharapkan dengan semakin mudahnya akses vaksin yang dapat diperoleh masyarakat. Kekebalan imunitas ini juga dapat dicapai dengan lebih cepat," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (17/12/2020). Menurutnya Herd imunity di Indonesia memiliki peranan penting bagi kondisi pandemi global.

Indonesia merupakan negara ke 4 dengan jumlah populasi terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika. "Maka pemberian vaksin secara gratis kepada seluruh masyarakat juga dapat berkontribusi besar dalam menciptakan kekebalan komunitas secara global," tuturnya. Vaksin gratis menurut Wiku merupakan bentuk komitmen pemerintah agar semua warga memiliki akses untuk mendapatkan vaksin Covid 19.

Menurutnya vaksinasi Covid 19 menjadi tantangan baru setelah vaksin berhasil ditemukan. Pemerintah memiliki tantangan untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan akses pada vaksin tersebut. "Hal ini merupakan langkah penting yang dicapai pemerintah dalam memberikan perlindungan warga negara demi tercapainya kekebalan kolektif di Indonesia," katanya.

Sebelumnya Wiku mengatakan tujuan utama dilakukan vaksinasi adalah menciptakan kekebalan kelompok (kolektif) atau herd imunity. Terciptanya herd imunity merupakan hal penting karena terdapat beberapa anggota masyarakat yang tidak dapat divaksinasi. Untuk menciptakan kekebalan kelompok tersebut diperlukan 70 persen vaksinasi dari populasi.

Karena itu diperlukan prinsip gotong royong agar vaksinasi dapat dilakukan untuk menciptakan kekebalan kelompok. "Kekebalan komunitas dapat dicapai apabila masyarakat yang sehat dan memenuhi kriteria melakukan vaksinasi sehingga dengan jumlah yang memadai maka akan tercipta herd imunity sekaligus melindungi kelompok kelompok yang tidak dapat divaksinasi," kata Wiku. Disamping vaksinasi, pemerintah lewat Satgas Covid 19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M.

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid 19 banyak datang dari pergerakan manusia. Sehingga pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *