Pengamat: BBM Euro 4 Bisa Turunkan Polusi Udara di Perkotaaan

Pengamat otomotif Bebin Djuana menilai penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan kualitas Euro 4 dapat menurunkan polusi di kota besar seperti Jakarta. Menurutnya, octane number pada BBM tertentu tidak mempengaruhi tingkat polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Bebin Djuana menyebutkan, BBM yang digunakan di Indonesia BBM saat ini masih kategori Euro 2 sehingga sulit untuk menurunkan tingkat polusi dari kendaraan bermotor.

Bebin juga menjelaskan, untuk dapat menurunkan polusi udara, Pemerintah juga perlu mendorong penggunaan kendaraan listrik. "Negara negara di Eropa sudah mulai banyak menggunakan kendaraan listrik dan BBM yang digunakan sudah kategori Euro 4," ucap Bebin. Hal tersebut,membuat tingkat polusi udara yang rendah, terlebih sudah pula didukung dengan penggunaan kendaraan listrik.

Bebin menyarankan agar Pertamina dapat memasarkan BBM berkualitas untuk masyarakat demi menekan polusi udara di perkotaan. "Tentunya, ke depannya harus menggunakan BBM dengan kategori Euro 4, yang dapat menurunkan tingkat polusi udara akibat kendaraan bermotor," kata Bebin Djuana.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *